Islam Itu Indah

8 Kunci Kesuksesan Diri

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

SUKSES = KEMAUAN DAN MENOLONG DIRI SENDIRI

.

Banyak orang yang menginginkan Kesuksesan dan banyak orang yang menganggap sukses dalam hidup tergantung pada :

  • Kerja keras,
  • Nasib baik,
  • Keberuntungan,
  • Keadaan,

ada tidaknya mereka memiliki koneksi dan lain-lain dan ironisnya banyak orang yang tidak tahu apa makna dari sukses itu sendiri.

Sesungguhnya sukses itu apa sih…?

Sebagian orang memaknai sukses sebagai sebuah ‘tujuan’, seperti memiliki pekerjaan atau jabatan yang baik dan mapan, memiliki kekayaan yang serba kecukupan, memiliki teman yang banyak yang siap membantu dan masih banyak lainnya.

Padahal semua pendapat itu sesungguhnya bukanlah ’sukses’ yang sebenarnya, itu semua merupakan ‘hadiah’ dari sebuah kesuksesan, lalu apa yang dimaksud dengan sukses itu sendiri?

|

Sesungguhnya sukses itu adalah sebuah ‘proses’bukan ‘tujuan, sementara apa yang kita maknai dari sukses seperti memiliki pekerjaan/jabatan, harta berlimpah dan lain lain itu sebenarnya hanya merupakan ‘hadiah’ dari sebuah kesuksesan.

Banyak orang yang dinilai sudah meraih kesuksesan, tapi tidak menikmati kesuksesan yang ‘dianggap’ sudah diraihnya itu, seperti contoh;

Seorang yang kaya raya namun hidupnya menderita secara bathin, selalu ketakutan akan sesuatu, selalu cemas dan lain sebagainya…, mengapa ini bisa terjadi?.

Hal ini disebabkan mereka memiliki kepribadian yang ‘tidak siap’ untuk menerima sukses itu, karena mereka salah dalam memaknai sebuah kesuksesan.

Jadi untuk bisa meraih sukses, kita harus mempersiapkan diri’ untuk sukses, hal pertama yang harus ada adalah ‘kemauan’ untuk sukses, lalu kita harus melakukan hal-hal yang diperlukan untuk membantu kita mencapai sukses itu.

Jika kita ingin sukses, kita harus mempersiapkan diri untuk menerimanya, persiapan ini secara logis terdiri dari kemampuan untuk memperbaiki diri melalui pengetahuan ’self help’ (menolong diri sendiri) yang harus kita dapatkan sendiri tanpa bantuan dari pihak manapun untuk kemudian diterapkan didalam kehidupan kita.

Keyakinan ialah kepercayaan yang tidak ter bagi-bagi. Keyakinan diri pula ialah kepercayaan bahwa dirinya boleh mengendalikan kehidupannya dengan baik serta segala kesabaran yang dihadapi.

Kemampuan anda mengatasi segala halangan dalam hidup untuk mencapai Kebahagiaan Hakiki, banyak dipengaruhi oleh keyakinan diri anda.

Ini bermakna lebih yakin anda pada diri anda serta masa depan anda, lebih terbukalah kebahagiann anda.

|

1. KEYAKINAN DIRI / PERCAYA DIRI

Keyakinan diri adalah kekuatan pendobrak yang luar biasa! Dengan keyakinan diri yang kuat, kita bisa menciptakan prestasi; apa yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Berpikirlah bahwa anda bisa melakukan sesuatu. Pada saat anda merasa bisa, anda telah memiliki kunci pertama keberhasilan anda, yaitu kepercayaan diri.

 Jauhilah orang-orang yang berusaha memadamkan obor semangat anda. Mereka takkan pernah bisa menolong anda sebagaimana mereka takkan pernah bisa menolong diri mereka sendiri. Rasa percaya diri bukan saja mendorong anda untuk bisa, ia membentuk diri anda.

Tanamkan rasa percaya diri sekuat mungkin. Teriakkan bahwa anda bisa hingga anda benar-benar mendengarkannya. Gores dalam-dalam di lempengan hati anda. Pukul kuat-kuat dada anda. Pastikan anda merasakan rasa bisa anda membakar seluruh tubuh, sebagaimana bahan bakar membakar roket yang membawa anda melejit pada kenyataan bahwa anda memang bisa melakukannya.

 Percaya diri adalah bahan bakar yang tak kenal habis. Ia berlipat ganda begitu anda terus melangkah maju.

|

2. BERANI MENGAMBIL KEPUTUSAN

Sering situasi hidup membelenggu kita. Ketika mengalami sakit atau cidera, seakan-akan hidup sudah berakhir, membuat kita putus saja, merasa tak ada harapan untuk hidup dan tak punya kesempatan melakukan apapun lagi.

Memang di kehidupan ini tidak ada yang pasti. Tetapi, kita harus BERANI memastikan dan memperjuangkan segala hal yang pantas kita raih!* Berani menentukan target.

  • Berani mulai melangkah.
  • Berani memperjuangkan sampai sukses!

3. DISIPLIN

Jika Anda ingin sukses, tegakkanlah DISIPLIN DIRI dengan tegas! Kalau Anda tunduk oleh perasaan malas, manja dan bosan, maka pasti nasib Anda pun tidak akan berubah!

Bila kita ingin berhasil atau sukses. Tidak hanya pada satu bidang. Kalau boleh di semua bidang. Dalam meraih kesuksesan, selalu dibutuhkan disiplin. Terutama disiplin dengan diri sendiri. Bukan orang lain yang harus disiplin tapi Diri Anda sendiri.

Anda mungkin sudah punya goal. Mungkin juga mindsetnya sudah tepat. Tapi pertanyaan berikutnya, apakah kita sudah mendisiplinkan diri dalam setiap upaya-upaya yang mendukung pencapaian sukses kita? Berapa lama waktu yang kita bisa luangkan untuk mengerjakan apa yang seharusnya menjadi fokus kita?

Kedisiplinan bisa mempercepat pencapaian goal-goal kita. Ada banyak orang yang saat ini mungkin punya goal yang sama dengan Anda. Mereka bisa saja lebih disiplin dalam proses-prosesnya, baik itu :

  • Upgrade kemampuan diri sesuai kebutuhan goalnya.
  • Mempraktekkan apa-apa yang mestinya dilakukan atas bimbingan para master yang mereka anggap sebagai guru.

4. KOMITMEN

Bagi orang yang memiliki KOMITMEN dan integritas tinggi, mereka tidak pernah merasa takut, ragu atau bimbang dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepada mereka.

5. ULET

Ulet bukan sekedar sabar, pasif, apatis, pasrah dan bertahan..!! ULET adalah tekad yang mengandung sikap antusias, gigih, tegar, proaktif, dan pantang Menyerah..!!!

6. SABAR

Jika ingin sukses, SABAR harus kita miliki. SABAR menghadapi orang yang memusuhi dan meremehkan kita, SABAR menghadapi setiap halangan dan tetap berjuang hingga sukses.Kesulitan ~ Halangan ~ Tekanan ~ Kegagalan adalah SUPLEMEN FOOD (vitamin) bagi orang-orang SUKSES

7. TEGAR

Seganas apapun badai di kehidupan ini, dia tidak akan pernah menghancurkan insan yang memiliki KETEGARAN, keyakinan, dan niat baik. Kehidupan memang penuh variasi; kadang diuntungkan, kadang dirugikan, kadang sukses, kadang gagal, kadang dipuji, kadang dihina. Semua membutuhkan: ULET, SABAR, TEGAR.

8. SYUKUR

JIka setiap bangun pagi kita bisa MENSYUKURI dengan tulus apa yang telah kita miliki hari Ini, niscaya sepanjang hari kita bisa menikmati hidup ini dengan bahagia.

|

Untuk mudahnya agar kita bisa memaknai sebuah sukses itu, saya akan memberi gambaran sebuah pelajaran sukses seekor kupu-kupu. Kita semua pasti mengetahui bahwa kupu-kupu adalah salah satu hewan yang mengalami metamorfose dalam siklus kehidupannya.

Proses metamorfose kupu-kupu ini, menerangkan tentang cara ulat bulu berubah menjadi kupu-kupu, dalam beberapa jam mendatang, si kupu-kupu akan berjuang untuk keluar dari kokon/kepompong (pupa).

Perjuangan kupu-kupu untuk keluar dari kokon/kepompong (pupa) sungguh merupakan pertaruhan hidup dan mati. Kupu-kupu itu berjuang luar biasa kerasnya.

‘Hukum Alam’ sudah mengatur perjuangan kupu-kupu keluar dari kokon/kepompong (pupa) sebenarnya untuk mengembangkan dan menguatkan sayapnya, dalam proses ‘menolong dirinya sendiri’ dan meningkatkan ‘kemauan’ sang kupu-kupu untuk meraih kesuksesan hidup yang seharusnya dia dapatkan.

Jadi hikmah dari metamorfose kupu-kupu ini adalah kita mendapat sebuah pelajaran dari ‘hukum alam’, bahwa segala sesuatu dalam hidup ini membutuhkan ‘proses’, dan proses ini bukanlah sesuatu yang menyenangkan, banyak rintangan yang harus dilalui, bahkan banyak luka yang harus dialami disepanjang perjalanan, tapi semua itu menjadikan sempurna’.

Sekarang sudah mulai menyadari makna dari sebuah sukses, bahwa sukses itu bukan ‘tujuan’ yang ingin kita capai tapi sebuah ‘proses’, bila kita bisa melalui semua ritual proses itu dengan baik, maka kita sesungguhnya sudah meraih sukses yang sebenarnya.

Dan apa yang kita dapatkan dibalik semua ‘proses’ itu sesungguhnya hanya sebuah ‘hadiah’ belaka, jadi kali ini kita telah mendapat pelajaran lagi dari Allah SWT.

Mengenai makna sukses dari semua makhluk ciptaanNya bila kita mau sedikit saja menyimak semua pelajaran-pelajaran yang telah Allah SWT siapkan buat kita semua,

Subhanallah…!

“Hidup itu indah bila kita memahami makna dan arti sesungguh nya dari kehidupan itu, hidup itu berbagi, hidup itu menyenang kan, hidup itu kemauan, hidup itu menolong dan hidup itu cinta”

Sudahkah Anda meraih sukses yang sesungguhnya?

Mari kita meraihnya dengan sebuah kunci sukses yaitu kemauan dan menolong diri sendiri serta kita harus mempersiapkan diri untuk menerima sukses itu.

|

Baca, dan Resapi

8 KUNCI SUKSES  ini sebelum memulai aktivitas sehari-hari

Praktekkan dan buktikan!

|

Maka KESUKSESAN akan dapat kita raih. Bagikan juga kepada orang-orang terkasih.
Saya percaya, kita akan mendapat “lebih” dari apa yang bisa kita “beri”

Bagikan ke teman Anda, Share & Be Happy!

|

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
SEMOGA BERMANFA’AT – ALHAMDULILLAH
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

~~~~~  TULISAN TERKINI ~~~~~

About these ads

November 12, 2011 - Posted by | Kata Mutiara, Pendidikan, Pria Remaja, Suami Istri, Wanita Remaja | , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. semoga Q biza seperti yg laen

    Komentar oleh agita yolanda | September 10, 2014 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: