Islam Itu Indah

Shalat Dhuha

Shalat Sunnah Dhuha adalah salah satu shalat sunat yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ada banyak hadits yang menjelaskan bahwa shalat Dhuha pada waktu pagi hari diantaranya adalah hadist yang diriwayatkan oleh muslim :

  •  “Pada setiap pagi, pada tiap-tiap ruas persendian di antara kalian memiliki hak, yaitu shadaqoh. Setiap tasbih adalah shadaqoh, setiap tahmid adalah shadaqoh, setiap tahlil adalah shdaqoh, setiap takbir adalah shadaqoh, amar ma’ruf termasuk shadaqoh, mencegah dari kemungkaran termasuk shadaqoh, maka yang mencukupi demikian itu adalah shalat dhuha dua rokaat.” …. (HR. Muslim)
Didalam Surah Adh-Dhuha Allah swt bersumpah dengan waktu dhuha dan waktu malam:
  • Demi waktu matahari sepenggalahan naik, dan demi malam apabila telah sunyi.” (QS. 93:1-2).
Jika kita hanya membacanya saja tanpa memikirkan dan memahami ayat diatas yang kita dapat hanyalah bacaan di mulut selepas itu hilanglah sudah.
.
Padahal didalam ayat diatas jelas – jelas Allah Subhanahu wata’ala bersumpah demi waktu sepenggalah naik dan malam yang jika kita mau memahami lebih dalam maka akan kita dapatkan dua waktu shalat yakni Dhuha dan Tahajjud.
.
Beberapa ahli tafsir berpendapat bahwa kedua waktu itu adalah waktu yang utama paling dalam setiap harinya, disamping shalat wajib yang memang sudah ditentukan waktunya.
.
Sahabat Zaid bin Arqam ra ketika beliau melihat orang-orang yang sedang melaksanakan shalat dhuha :
  • Ingatlah, sesungguhnya mereka telah mengetahui bahwa shalat itu dilain sa’at ini lebih utama
Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda :
  • Shalat dhuha itu (shalatul awwabin) shalat orang yang kembali kepada Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena mulai panas tempat berbaringnya.” …. (HR Muslim).
.
Jumlah Rakaat Shalat Dhuha
.
4 RAKAAT
.
Dari Mu’dzah, bahwa ia bertanya kepada Aisyah :
  • Berapa jumlah rakaat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika menunaikan shalat Dhuha?
Aisyah menjawab :
  • “Empat rakaat dan beliau menambah bilangan rakaatnya sebanyak yang beliau suka.”

(HR. Muslim dan Ibnu Majah)

.
8 RAKAAT
.
Dari Ummu Hani binti Abu Thalib, ia berkata :
  • Saya berjunjung kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun Fathu (Penaklukan) Makkah. Saya menemukan beliau sedang mandi dengan ditutupi sehelai busana oleh Fathimah putri beliau”.
Ummu Hani berkata : “Maka kemudian aku mengucapkan salam”.
Rasulullah pun bersabda: “Siapakah itu?
Saya menjawab: “Ummu Hani binti Abu Thalib”.
Rasulullah SAW bersabda: “Selamat datang wahai Ummu Hani”.
.
Sesudah mandi beliau menunaikan shalat sebanyak 8 (delapan) rakaat dengan berselimut satu potong baju.
Sesudah shalat saya (Ummu Hani) berkata: “Wahai Rasulullah, putra ibu Ali bin Abi Thalib menyangka bahwa dia boleh membunuh seorang laki-laki yang telah aku lindungi, yakni fulan Ibnu Hubairah”.
Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
  • “sesungguhnya kami juga melindungi orang yang kamu lindungi, wahai Ummu Hani”.
Ummu Hani juga berkata: “Hal itu (Rasulullah shalat) terjadi pada waktu Dhuha.” …. (HR. Muslim)
.
12 RAKAAT
.
Dari Anas (bin Malik), bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
  • Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha sebanyak 12 (dua belas) rakaat, maka ALLAH akan membangunkan untuknya istana di syurga” …. (HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, hadis hasan)
.
Do’a Shalat Dhuha
  • ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA ‘ADHUHAA ‘UKA – WAL BAHAA ‘ABAHAA ‘UKA – WAL JAMAALA JAMAALUKA – WAL QUWWATA QUWWATUKA – WAL QUDRATA QUDRATUKA – WAL ‘ISHMATA ‘ISHMATUKA. ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA ‘I FA ANZILHU – WA IN KAANA FIL ARDI FA AKHRIJHU – WA IN KAANA MU’ASSARAN FA YASSIRHU – WA IN KAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU – WA IN KAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DHUHAA ‘IKA, WA BAHAA ‘IKA, WA JAMAALIKA, WA QUWWATIKA, WA QUDRATIKA. AATINII MAA ‘ATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.
Artinya :
  • “Wahai ALLAH, bahwasanya waktu Dhuha itu waktu Dhuha-MU – dan kecantikan adalah kecantikan-MU – dan keindahan adalah keindahan-MU – dan kekuatan adalah kekuatan-MU – dan kekuasaan adalah kekuasaan-MU – dan perlindungan itu adalah perlindungan-MU. Wahai ALLAH, jikalau rejekiku masih diatas langit, maka turunkanlah – Dan jikalau ada didalam bumi maka keluarkanlah – dan jikalau sukar maka mudahkanlah – dan jika haram maka sucikanlah – dan jikalau masih jauh maka dekatkanlah dengan berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-MU. Limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambamu yang shaleh.
.
Hadist lain yang berkaitan dengan shalat dhuha
  • Barang siapa salat Duha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana disurga” …. (H.R. Tirmiji dan Abu Majah)
  • Siapapun yang melaksanakan salat duha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” …. (H.R Tirmidzi)
  • Dari Ummu Hani bahwa Rasulullah SAW salat dhuha 8 rakaat dan bersalam tiap dua rakaat.” (HR Abu Daud)
  • “Dari Zaid bin Arqam ra. Berkata,”Nabi SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang salat dhuha. Ia bersabda,?Salat awwabin (duha‘) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari).” …. (HR Ahmad Muslim dan Tirmidzi)

.

Rasulullah bersabda di dalam Hadis Qudsi, Allah SWT berfirman :

  • Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat salat duha, karena dengan salat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim & Thabrani)
  •  “Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat salatnya setelah salat shubuh karena melakukan iktikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat salat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (HR Abu Daud)
.
Wallahu a’lam. (Hanya ALLAH Yang Maha Mengetahui)
.
About these ads

Desember 6, 2011 - Posted by | Kata Mutiara, Pendidikan, Pria Remaja, Wanita Remaja | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: