Islam Itu Indah

Banyak Manfaat buah Zaitun

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

MANFAA’T DAN KHASIAT BUAH ZAITUN

.

Sebagaimana telah disebutkan dalam Al-Qur’an, Mengapa dan ada apa tentunya?.

Buah Zaitun, Allah berfirman demi buah Tin dan Zaitun (Qur’an Surat At Tiin ( سورة التين ) Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,  وَطُورِ سِينِينَ dan demi bukit Sinai, Tentunya buah tin dan zaitun memiliki makna yang sangat tinggi.

Tumbuhan zaitun hidup di ketinggian 3 meter dari permukaan laut, berdaun hijau terang dan berbuah ungu gelap. Menurut pengamat hadith, setelah badai nabi Nuh mereda, tumbuhan zaitun lah yang pertama terlihat.

|

Zaitun mungkin hanya terkenal di Eropah dan Timur Tengah saja, Buah zaitun kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan besi.

Buah yang terbaik untuk dimakan adalah dari Greece, “Kalamata olive” berwarna ungu gelap, berbentuk buah badam dan berukuran ½” sampai 1″. Di Itali, buah dan minyak zaitun digunakan secara meluas dalam pasta, piza dan aneka masakan lain, tetapi hasil minyak daripada buah zaitun terkenal di seluruh dunia.

|

Ia dikemas dan dipasarkan dalam minyak zaitun atau cuka. Buah2 untuk tujuan ini akan dipetik atau digugurkan tetapi dibiarkan matang untuk penghasilan minyak.

Terdapat 3 jenis minyak zaitun:

  • Extra Virgin Olive Oil
    Merupakan minyak zaitun paling murni dengan kadar keasidan 0.5-1 peratus. Warnanya kehijau-hijauan dan sesuai untuk dijadikan sos salad.
  • Virgin Olive Oil
    Kandungan asaman nya sekitar 4 persen. Ia berwarna hijau kekuningan. Biasa digunakan sebagai campuran masakan atau hidangan tumisan.
  • Olive Oil
    Minyak zaitun jenis ini mengandung ke asaman melebihi 4 persen. Berwarna kekuning-kuningan dan biasanya digunakan sebagal pengganti minyak untuk menggoreng dalam masakan Itali.

|

Penelitian yang dijalankan terhadap wanita oleh “Harvard School of Public Health” dan “Athens School of Public Health” mendapati amalan mengambil minyak zaitun lebih dari sekali sehari dapat mengurangi 25% resiko mengidap kanker payudara.

Kandungan Vitamin E yang tinggi dalam minyak zaitun telah menghalangi kerusakan sel yang menjadi benih kanker. Penelitian yang diketuai oleh professor Miguel Gassull di Hospital Universiti “Germans Trias Pujol” di Barcelona, Sepanyol ternyata membuktikan minyak zaitun menghalangi pembentukan kangker Usus.

Penelitian  lain yang dijalankan di Universiti Oxford menambah bukti yang menunjukkan minyak zaitun dapat menghambat pembentukan sel kanker pada usus. Dr Michael Goldacre dan beberapa peneliti dari “Institute of Health Science” membandingkan penyakit kanker dan makanan.

Penelitian diambil dari pemakai minyak zaitun di 28 negara termasuk Eropah, Amerika Syarikat, Brazil, Colombia, Kanada dan China. Hasil penelitian menunjukkan negara yang memakan daging yang lebih dan sayur yang kurang mempunyai resiko tinggi mengidap kanker.

Ilmuwan Jepang pun menentukan minyak zaitun tulen yang diusap pada badan selepas berjemur dapat menghindari dari kanker kulit.

|

Manfaat dan Khasiat nya

Khasiat zaitun dikenal sejak ribuan tahun lalu karena mengandung asam oleic (oleic acid) dan polifenol yang mampu menjadi anti oksidan bagi kulit, mampu mengurangi beberapa masalah kulit dan rambut yang biasa menjadi keluhan setiap wanita.

Rambut

Gunakan buah zaitun dalam bentuk minyak untuk menjaga sinar mahkota Anda. Caranya, oleskan ke seluruh bagian rambut dari pangkal rambut hingga ujung. Bisa juga dicampurkan dengan bahan lain seperti alpukat yang sudah dihancurkan atau kemiri, selain bersinar, rambut Anda akan terlihat lebih hitam dan tebal.

Wajah

Menghapus garis kerutan serta menunda penuan dini pada wajah dengan mengoleskan zaitun ke seluruh bagian wajah yang sudah mulai dihinggapi garis-garis kerutan dan kering. Sambil diberi pijatan, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kulit

Setelah melewati usia 18, kulit akan mengalami penurunan daya elastisitas karena kerusakan akibat radikal bebas seperti polusi atau berkurangnya kolagen dan serat elastis. Akibatnya, timbulah keriput-keriput halus. Oleh karena itu, oleskan zaitun ketika mandi atau sebelum melakukan aktivitas, ke seluruh bagian tubuh. Zaitun mampu memberi rasa lembab serta kandungan oleic acid yang mampu mengenyalkan kulit.

Cara membuat scrub zaitun

Siapkan minyak zaitun, garam laut, atau garam mandi, madu dan baking soda. Campur 1 sendok garam laut dan 1 sendok madu, lalu aduk, tambahkan ½ sendok baking soda dan 2 sendok minyak zaitun, aduk rata. Gosokan scrub zaitun ke seluruh bagian tubuh ketika Anda mandi. Scrub zaitun mampu mengangkat sel-sel kulit mati hingga kulit terasa lebih lembut dan bersinar.

Dan masih banyak lagi

|

|

Sumber :  Dikumpulkan dari beberapa sumber.

Artikel Terkait :

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
SEMOGA BERMANFA’AT  –  ALHAMDULILLAH
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Artikel Lainnya :

About these ads

Januari 6, 2012 - Posted by | Kesehatan, Makanan Minuman, Pendidikan, Pria Remaja, Suami Istri, Wanita Remaja | , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. […] Banyak manfaat buah zaitun « islam itu indah […]

    Ping balik oleh Manfaat Minyak Zaitun Murni - Serba Serbi Berita | Oktober 25, 2014 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: