Islam Itu Indah

Nikmati Merahnya Strawberry

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

.

Di dunia ini ternyata ada 700-an macam jenis strawberry. Salah satu jenis spesiesnya bernama Fragaria chiloensis L. Jenis ini yang menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia.

Spesies yang lainnya yaitu F. vesca L. Yang satu ini lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis strawberry ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia .

Strawberry atau Fragaria chiloensis L  adalah buah yang banyak digemari oleh siapa saja. Manfaat buah strawberry ini pun beragam.

Anda buah strawberry menyimpan nutrisi yang luar biasa. Bukan saja banyak mengandung vitamin C, tetapi buah ini juga kaya akan antioksidan, asam folat, potasium, asam ellagic, rendah kalori, dan juga serat. Strawberry rata-rata memiliki 200 biji kecil per satu buahnya.

Warna merah pada strawberry matang sangat beralasan. Warna merah itu disebabkan karena buah ini kaya pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan tinggi.

Bentuknya cantik, warnanya menarik, Ukurannya mungil siapa saja akan tergoda untuk menyantapnya. Cita rasanya asam segar, tak heran kalau strawberry (Fragaria ananassa) sering dipakai sebagai perasa tambahan selain cokelat, baik itu untuk es krim, sirup, atau kue-kuean.

.

Kandungan Nutrisi Buah Strawberry

Semua informasi gizi didasarkan pada 1 cangkir (8 sampai 10) strawberry segar
– Kalori: ca. 50
– Protein 1 g
– Lemak 0,6 g
– Karbohidrat 11 g
– Gula 7 g
– Serat 3,5 g
– Besi 0,6 mg
– Natrium 2 mg
– Kalsium 22 mg
– Fosfat 30 mg
– Kekurangan riboflavin 0,1 mg
– Vitamin C 85 mg
– Kalium 240 mg
– Seng 0,2 mg
– Niasin 0,4 mg
– Vitamin B6 92 mcg
– Folat 34 mcg

.

Manfaat Strawberry bagi Kesehatan

Manfaat Strawberry bagi Kesehatan. Beberapa manfaat lain yaitu :

  • Menyusutkan kadar kolesterol

Potassium di dalamnya merupakan salah satu mineral yang disarankan untuk ada dalam pola menu orang yang ingin menurunkan tekanan darah. Makan strawberi bisa membantu, karena satu gelas stroberi mengandung sekitar 270 miligram potassium. Jumlah yang sama juga menyumbang sekitar 4 gram serat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menyehatkan saluran pencernaan.

  • Mencegah kanker

Membantu melumpuhkan kerja Aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya. Vitamin A yang terdapat di dalam buah ini, dapat membantu mencegah pembentukan radikal bebas, vitamin C menjaga reaksi bahaya di dalam sel, vitamin E can asam ellagic akan bertugas melindungi dinding sel dari kerusakan karena radikal bebas.

  • Mencegah Leukimia

Buah strawberry juga memiliki efek terapi yang sangat baik untuk mencegah penyakit leukimia, anemia (kurang darah) dan penyakit darah. Dua macam zat yang terkandung di dalamnya, “stroberi amine” clan “asam tanae,, memiliki efek mengekang pertumbuhan dan terjadinya tumor ganas.

  • Dapat meningkatkan kekuatan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih.

Manfaat itu bisa didapat jika Anda secara rutin mengonsumsi strawberry, paling tidak satu sampai tiga cangkir.

  • Anti Aging

Buah lambang cinta ini ternyata juga memiliki konsentrasi tujuh zat anti oksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh karena radikal bebas.

Karena kandungan vitamin BI, B2, C dan Provitamin A pada strawberry dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit lebih cerah, bersih serta dapat mencegah terjadinya pengeriputan pada kulit.

  • Mengencangkan Kulit

Strawberry yang dimakan teratur dapat mengencangkan, menghaluskan, serta membuat warna kulit lebih cerah dan bersih. Selain dengan mengonsumsinya secara teratur tidak ada salahnya Anda mencoba resep ‘homemade’ lulur stroberi ini agar kulit Anda lebih ‘kinclong’.

Siapkan 3 buah stroberi segar, 3 sendok makan madu, 3 sendok makan baking soda, 3 sendok makan gula pasir, beri sedikit air. Kemudian blenderlah semua bahan tadi hingga lembut.

Strawberry akan membuat kulit Anda halus dan wangi, madu dipercaya mengandung banyak vitamin E, baking soda akan membantu membersihkan kulit, sedangkan gula yang berbentuk butiran akan bekerja seperti scrub yang akan membantu mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati pada kulit Anda.

  • Cocok bagi pengidap diabetes

Buah ini hanya sedikit mengandung gula sehingga aman bagi penderita diabetes. Antosianin tergolong dalam komponen flavonoid. Senyawa ini merupakan pigmen pemberi warna merah pada stroberi. Anthocyanin memiliki efek dalam menurunkan tekanan darah serta melindungi terhadap masalah-masalah yang disebabkan oleh diabetes.

  • Memutihkan Gigi

Dapat dijadikan sebagai pemutih gigi, dengan menghancurkannya kemudian di tempelkan pada gigi selama satu atau dua menit, kemudian gosok dengan sikat gigi secara menyeluruh. Selain gigi menjadi putih, bau mulut pun akan hilang.

  • Mengatasi Panas Dalam

Ternyata dengan menikmati jus stroberi dapat melenyapkan panas dalam. Nah, berikut resep jus Strawberry yang dapat Anda coba di rumah.

Untuk bahannya Anda perlu menyiapkan 5 buah stroberi segar, cuci bersih kemudian potong-potong, 100 cc susu kacang kedelai, gula pasir secukupnya, 8 potong es batu.

Kemudian campur seluruh bahan, lalu blender halus, hidangkan langsung dalam keadaan dingin. Hmmm.., yummie bukan?

Tahukah Anda, selain rasanya yang enak dan dapat mengatasi panas dalam, bila Anda rutin mengonsumsi jus stroberi ini ternyata resep ini memiliki khasiat lain seperti dapat menyegarkan tubuh Anda, meningkatan kreativitas, memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

  • Dapat menghentikan diare

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, di daun strawberry ada zat astringent sehingga berkhasiat menghentikan diare, dengan cara meminum 3-4 cangkir rebusan daun strawberry.

  • Sebagai obat jerawat alami

Hampir semua obat jerawat yang dijual di pasaran mengandung asam salisilat yang banyak dikandung stroberi. Karena itu, penggunaan masker strawberry sangat bermanfaat.

Caranya : Haluskan strawberry, campur dengan sedikit yoghurt, oleskan di wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.

.

Penyimpanan Buah Strawberry

Buah strawberry rentan busuk dan berkurang nutrisinya jika tidak segera dikonsumsi dalam keadaan segar.

Hati-hati kalau menyimpan buah ini, karena strawberry yang sudah mulai busuk dapat menular dengan sangat cepat ke strawberry lain yang disimpan bersamaan.

Strawberry dapat tahan 4 hari di lemari es. Tetapi di freezer, buah ini bisa bertahan selama 1 bulan dengan cara penyimpanan yang benar.

Atur strawberry secara satu-satu terpisah, lalu bekukan. Setelah beku, siram dengan air dan masukkan ke dalam plastik, lalu bekukan kembali.

Cara menyimpan seperti ini cocok untuk membuat juice.

Ada baiknya jika buah ini disimpan dalam keadaan segar dalam jangka waktu kurang dari 4 hari.

.

Sumber :  Dirangkum dari berbagai sumber

SEMOGA BERMANFA’AT

Desember 18, 2011 - Posted by | Pria Remaja, Wanita Remaja | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: