Islam Itu Indah

Segarnya buah Cranberry

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

.

Cranberry sangat rendah gula, dan tinggi serat dan nutrisi. Saya mendorong orang untuk membeli tas ekstra di musim gugur untuk membekukan dan menggunakan sepanjang tahun. Bebas gula saus cranberry yang baik dengan daging, pada yoghurt atau keju cottage, dan banyak cara lainnya.

Tanaman cranberry, atau dikenal pula dengan nama lain fenberry (di Inggris) atau mossberry (di Kanada), adalah sejenis tanaman semak yang digolongkan ke dalam genus Vaccinium, dan digolongkan lagi ke dalam sub genus Oxycoccos.

Spesies yang cukup dikenal adalah Vaccinium oxycoccos (tumbuh di bagian utara benua Eropa, Asia, dan Amerika), Vaccinium microcarpum (tumbuh di bagian utara benua Eropa dan Asia), Vaccinium macrocarpon (tumbuh di bagian timur Kanada dan Amerika Serikat).

Buah cranberry dipanen pada akhir bulan September atau awal Oktober, ketika buahnya sudah berwarna merah tua. Sekitar 95% buah cranberry tersebut diolah menjadi beragam produk seperti minuman jus, saus cranberry, dan manisan. Sisanya, yakni sebesar 5% dijual sebagai buah segar ke konsumen.

.

Hitungan Karbohidrat dan Serat untuk buah Cranberries

1 ons cranberry :  2 gram efektif (bersih) karbohidrat ditambah 1 gram serat dan 13 kal.
Cincang ½ cangkir cranberry: 4 gram efektif (bersih) karbohidrat ditambah 2,5 gram serat dan 25 kal.
½ cangkir cranberry keseluruhan: 4 gram efektif (bersih) karbohidrat ditambah 2 gram serat & 23 kal.

.

Kesehatan Manfaat Cranberries

Cranberry adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C dan mangan. Mereka kaya fitonutrien, terutama antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan, resiko rendah penyakit cardiovasular, dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Bahan kimia ini mungkin dijelaskan dari beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat kesehatan termasuk:

  • Cranberry juga memiliki efek antibakteri dalam mulut dan saluran kencing. Pencegahan dan pengobatan infeksi saluran kemih (mereka antibakteri dan juga menjaga bakteri dari “menempel” ke bagian dalam kandung kemih dan ureter).
  • Efek yang sama pada saluran pencernaan – membantu mencegah bakteri dari menyebabkan penyakit karena makanan.
  • Efek yang sama dalam mulut – dapat membantu mencegah kerusakan gigi dengan mencegah bakteri dan mencegah mereka dari “menempel”.
  • Pencegahan oksidasi kolesterol LDL, yang dapat membantu mencegah aterosklerosis.
  • Meningkatkan fungsi pembuluh darah pada orang dengan aterosklerosis.
  • Beberapa studi menunjukkan bahwa cranberry dapat meningkatkan kolesterol HDL atau menurunkan kolesterol LDL.
  • Cranberry mungkin juga memiliki sifat anti-kanker.

.

Penyimpanan

Jauhkan cranberry dingin. Mereka akan terus selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan di lemari es, dan setidaknya satu tahun di dalam freezer.

(Mereka akan lebih lembut daripada segar pada pencairan, tapi mereka baik dalam semua hidangan dimasak.)

.

.

SEMOGA BERMANFA’AT

Desember 23, 2011 - Posted by | Pria Remaja, Serba-Serbi, Wanita Remaja | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: