Islam Itu Indah

Aktifitas di hari Jum’at

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

.

Ini Jumuah! Hari yang paling diberkati dalam seminggu!

Jadi bagaimana kita membuat sebagian besar dari itu? Kegiatan Jumuah yang Produktif.

Tergantung apakah Jumat merupakan hari libur bagi Anda atau tidak, kita sudah dibahas di bawah ini beberapa kegiatan kunci untuk membuat sebagian besar Jumuah Anda.

Anda bisa menilai bagaimana cara terbaik untuk masuk dalam hidup .. insya Allah.

Hal penting untuk diingat bahwa hari ini benar-benar khusus dan Anda harus memberikan pertimbangan.

|

WAKTU JUMUAH

Banyak orang lupa bahwa Jumuah dimulai dari Maghrib Kamis, yaitu malam sebelumnya dan berakhir dengan Maghrib dari Jumuah. Jadi segera setelah Maghrib untuk hari Kamis, ingat Jumuah itu dan Anda harus mencoba dan mengisi jam Anda dengan mengirimkan berkat atas Nabi (Perdamaian dan berkah besertanya),

  • Membacaan Al-Quran,
  • Tahajjud dan mengingat ekstra Allah (Subhanahu Wa Ta’ala).

Dengan membaca Surat Al-Kahfi sebagaimana disarankan oleh Nabi Muhammad (SAW)

|

PERSIAPAN UNTUK SALAH

Rencana persiapan Anda untuk Salatul-Jumuah awal, dan pesan saya di sini adalah bagi saudara kita yang diwajibkan untuk menghadiri shalat Jumuah. Persiapan Anda untuk Jumuah tidak boleh mandi cepat-cepat sederhana dan gagah ke Masjid, tetapi itu harus karena Anda akan bertemu dengan Raja segala raja (yang Anda).

Jadi mulai awal, siapkan lebih awal dan benar-benar masuk ke dalam suasana Jumuah. Berikut adalah beberapa hal yang saya sarankan Anda untuk melakukan:

|

1. Lakukan membersihkan diri yang lebih

Ingatlah bahwa hari Anda punya kejadian besar dan Anda menghabiskan waktu di kamar mandi membersihkan setiap bagian tubuh Anda dan menempatkan setiap jenis parfum pada nya ?

Itulah persis bagaimana Anda harus mempersiapkan untuk Jumuah! Mandi yang bersih dan baik, pastikan Anda melakukan Sunah Al-Fitra dari :

  • Memotongan kuku,
  • Menghilangkan rambut dari ketiak
  • Dan menghilangkan rambut kemaluan,
  • Menempatkan banyak parfum, dll

Pastikan Anda memakai thobe Jumuah atau pakaian yang rapi, bersih dan ditekan dan tidak sesuatu yang Anda mengenakan 2 hari lalu dan bernoda atau kusut!

Juga, merawat khusus kebersihan mulut: menghabiskan 4 menit dianjurkan menyikat gigi, menggunakan obat kumur yang bebas alkohol, miswak / siwak … pada dasarnya, mendapatkan bersih yang paling bersih !

Dikisahkan oleh Abu Sa’id Al-Khudr : Saya bersaksi bahwa Utusan Allah (Perdamaian dan berkah besertanya) berkata,

Mengambil dari bak mandi pada hari Jumat adalah pergantian tahun bagi setiap Muslim yang telah mencapai usia pubertas dan juga membersihkan gigi dengan siwak dan menggunakan parfum, jika tersedia ” …. [Terjemahan Sahih Bukhari]

|

2. Pergi ke masjid lebih awal

Tidak, saya tidak berarti 10 menit sebelum khatib memasuki masjid, tapi benar-benar awal – seperti beberapa jam dan mencoba untuk pergi ke sana berjalan bukan jika masjid tidak terlalu jauh. Cobalah untuk menjadi orang pertama di sana dan ingat hadits ini:

Dikisahkan Abu Hurairah: Rasulullah (Perdamaian dan berkah besertanya) berkata,

Ketika Jumuah, para malaikat berdiri di pintu gerbang masjid dan terus menulis nama-nama dari orang-orang datang ke masjid dalam suksesi sesuai dengan kedatangan mereka .

Contoh orang yang memasuki masjid dalam jam awal adalah bahwa korban salah satu unta (dalam kurban), yang datang berikutnya adalah seperti korban salah satu sapi, dan kemudian domba jantan, dan kemudian ayam, dan kemudian telur masing-masing.

Ketika Imam keluar (untuk khotbah Jumuah) mereka (yaitu malaikat) kali lipat kertas mereka dan mendengarkan khotbah” …. [Terjemahan dari Sahih Al-Bukhari]

Dua poin di atas tentang menjadi bersih dan akan digabungkan awal indah dalam hadits ini:

Diriwayatkan Salman Al-Farisi: Rasulullah (Perdamaian dan berkah besertanya) berkata,

Siapapun yang mengambil mandi dan membersihkan dirinya sendiri sebanyak yang ia bisa dan menempatkan minyak atau aroma dirinya sendiri, dan kemudian mulai untuk shalat dan tidak terpisah dua orang-orang duduk bersama di Masjid untuk melaksanakan salat Salaat-ul-Jumuah dan menawarkan sebanyak ditulis untuk dia dan masih cukup ketika Imam memberikan Khutba, semua dosanya di antara sekarang dan Jumat lalu akan diampuni ” …. [Terjemahan dari Sahih Al-Bukhari]

|

3. Jangan lupa anda berdo’a dan berzikir

Mengisi waktu Anda di masjid dengan doa dan kelimpahan zikir, terutama mengirim salam kepada Nabi (Perdamaian dan berkah besertanya).

Aus bin Aus meriwayatkan: Rasulullah (Perdamaian dan berkah besertanya) berkata,

Di antara yang terbaik dari hari-hari Anda adalah hari Jumat, maka berdoalah kepada Allah lebih sering bagi saya di dalamnya, untuk permohonan Anda akan ditampilkan kepada saya

Dia ditanya: “Wahai Rasulullah! Bagaimana berkat-berkat kita akan ditampilkan kepada Anda ketika tubuh membusuk Anda akan memiliki dicampur dengan bumi

Dia (Perdamaian dan berkah besertanya) menjawab,”? Allah telah melarang bumi dari memakan tubuh para nabi. ” …. [Abu Dawud]

|

KHOTBAH DAN SETELAH KHOTBAH

Ketika imam tiba di mimbar, mendengarkan dengan penuh perhatian, jangan gelisah, mendapatkan distrated, atau lebih buruk, bicara! Sungguh menakjubkan betapa banyak orang lupa peringatan Nabi kita (Perdamaian dan berkah besertanya) dalam hadits ini:

Dikisahkan oleh Abu Huraira: Nabi (damai dan berkat Allah besertanya) berkata:

Jika Anda berkata kepada teman Anda ketika imam sedang berkhotbah pada hari Jumat, ‘Jadilah tenang dan mendengarkan,’ Anda telah terlibat dalam omong kosong” …. [Bukhari dan Muslim]

Setelah khutba & doa selesai, dipersiapkan pena dan kertas, cobalah untuk meringkas poin-poin penting utama dari pidato Imam untuk itu Jumat dan baik berbagi dengan teman-teman Anda di Facebook atau melalui e-mail atau hanya membawanya pulang dan berbagi dengan keluarga dan anak-anak sehingga mereka mendapatkan keuntungan juga.

Sungguh menyedihkan melihat begitu banyak ibu dan saudari kita tidak memiliki pengetahuan dasar Islam, dan itu akan bermanfaat bagi suami / saudara / ayah untuk berbagi pelajaran mingguan mereka belajar setiap hari Jumat.

|

BEKERJA SETELAH JUMUAH

Hal ini mungkin terdengar aneh untuk sebagian dari Anda, terutama Anda yang memiliki hari libur pada Jumuah, tapi ingat ayaat Quran yang berbicara tentang Jumuah:

Hai orang-orang percaya, ketika [yang azan] disebut untuk doa pada hari Jumu’ah [Jumat], kemudian dilanjutkan ke mengingat Allah dan meninggalkan perdagangan. Yang lebih baik untuk Anda, jika Anda hanya tahu. Dan ketika doa telah menyimpulkan, membubarkan dalam tanah dan mencari dari karunia Allah, dan ingatlah Allah sering bahwa Anda mungkin berhasil ” …. [62:9-10]

Saya tidak akan mengatakan bahwa itu adalah persyaratan agama bagi Anda untuk bekerja setelah Jumuah, tapi entah bagaimana ayat itu terdengar mendorong dalam hal melakukan sesuatu yang produktif setelah Jumuah dan terlibat dalam beberapa jenis pekerjaan sehingga Anda dapat mencari karunia Allah.

Jadi bahkan jika Anda gratis di Jumuah, cobalah untuk menghabiskan beberapa jam setelah Jumuah dalam mengejar insya Allah produktif.

|

Du’a, do’a, du’a

Akhirnya, hal yang sangat berharga untuk lakukan selama jam hari Jumat adalah do’a!

Cobalah untuk tidak menyia-nyiakan hari atau malam Jumuah di sepele, menunda keterlibatan sekitar Jumuah untuk setelah hari Jumat dan menghabiskan ‘waktu bebas’ membuat do’a.

Anda tidak tahu kapan Anda akan memukul jam di mana doa akan dijawab, dan do’a Anda akan dijawab! (Berikut ini adalah link ke penjelasan otentik untuk ini)

Aku berharap aku telah menutupi segala sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk membuat sebagian besar Anda Jumat.

Seperti yang saya katakan di awal, Jumuah membutuhkan persiapan dan perencanaan sehingga Anda dapat membuat sebagian besar dari itu.

Jadi apakah Anda memiliki hari libur pada Jumuah, setengah hari, atau akan menjadi hari kerja normal untuk Anda, melakukan persiapan ekstra untuk Jumuah untuk membuat sebagian besar insya Allah.

|

3 HADIST SURAH AL KAHFI

Baragsiapa menghafal sepuluh ayat pertama surah Al-Kahfi, maka ia terlindungi dari fitnah Dajjal” …. (HR Muslim)

Sesungguhnya barangsiapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, niscaya ia akan diterangi oleh cahaya antara dua Jum’at” …. (HR Hakim 3349)

Sungguh, sejak Allah menciptakan anak cucu Adam, tidak ada fitnah yang lebih dahsyat dari fitnah Ad-Dajjal” …. (HR Ibnu Majah 4067)

|

|

Sumber :  Productive Moslem

Artikel Terkait :

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
SEMOGA BERMANFA’AT  —  ALHAMDULILLAH
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Artikel Lainnya :

Januari 20, 2012 - Posted by | Kata Mutiara, Pendidikan, Pria Remaja, Suami Istri | , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: