Islam Itu Indah

IMAN DAN SEDEKAH

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

IMAN SESEORANG & KEUTAMAAN SEDEKAH

.

Iman yang benar adalah keyakinan yang terhunjam di kedalaman hati, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan seluruh anggota tubuh. Keyakinan bulat, tiada keraguan sedikit pun (al-yaqinu kulluhu).

Dan mampu mempengaruhi orientasi kehidupan (ittijahul hayah). Iman tidak sekedar amal perbuatan, bukan pula sebatas pengetahuan tentang rukun Iman.

Di antara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian”, padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar. (QS.2 Al-Baqarah :8-9)

Berapa banyak keraguan dan kelemahan hati setiap insan saat ini, karena memang ujian keimanan tergantung dari perjuangan hati seorang hamba akan jalan yang ia pilih dan hasilnya tentu sesuai pilihannya.

Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya [dengan shalat] di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.
(QS.4 An-Nisa :142)

Iman juga bukan sekedar pengetahuan akan makna dan hakikat iman, tidak sedikit orang yang mendalami hakikat dan makna iman, tetapi mereka tetap saja ingkar.

Dan mereka mengingkarinya karena kezaliman dan kesombongan [mereka] padahal hati mereka meyakini [kebenaran] nya. Maka perhatikanlah betapa kesudahan orang-orang yang berbuat kebinasaan. (QS.27 An-Naml :14)

Orang-orang [Yahudi dan Nasrani] yang telah Kami beri Al Kitab [Taurat dan Injil] mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui. (QS.2 Al-Baqarah :146)

|

Merupakan salah satu keimanan seseorang diuji dengan beberapa cobaan hidup. Apabila kita dalam kondisi apapun, keluarkan harta yang paling kita senangi, niscaya Allah Swt akan menghilangkan kemiskinan kita itu.

Sedekah adalah solusi yang jitu untuk mengatasi berbagai kerumitan kehidupan kita, karena iman dengan janji Allah SWT, Dalam Qur’an Allah SWT berfirman artinya :

Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (syurga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah (QS. Al-Lail (92) : 5-7)

Hashshinuu amwalaku biz zakat (bentengilah harta kekayaanmu dengan zakat), meminjam istilah Umar bin Khathab.

Allah memberikan kabar gembira kepada hamba-Nya lewat firman-Nya maupun Rasul-Nya bahwa pahala shadaqah sangat dibutuhkan pada hari kiamat kelak.

|

Diantara Keutamaan Shadaqah

|

(1) Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda.

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik(menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rizki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan” (QS.Al-Baqarah:245)

(2) Pelindung Di Padang Mahsyar.

Manusia di padang mahsyar sibuk dengan urusannya masing-masing. Matahari didekatkan, pada saat itulah seseorang memerlukan pahala shadaqah yang bisa menaungi mereka.  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam-bersabda,

Setiap orang berada dalam naungan shadaqahnya hingga diputuskan perkara di antara manusia” (HR.Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim). Shohih oleh Al-Albany dalam At-Targhib wa At-Tarhib(872)

(3) Pemadam Panas Di Alam Kubur.

Seorang mukmin yang telah mati dia akan mendambakan kuburnya termasuk taman dari taman-taman surga serta jauh dari panasnya api neraka. Sebagaimana Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Sesungguhnya shadaqah akan memadamkan panasnya kubur bagi pemilik shadaqah“. (HR. Al-Baihaqiy). Hadits Hasan oleh Al-Albaniy dalam Ash-Shohihah (3484)

(4) Dido’akan Oleh Malaikat.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam-bersabda:

Tak ada suatu hari pun seorang hamba berada didalamnya, kecuali ada dua orang malaikat akan turun; seorang diantaranya berdo’a, (Ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang berinfak) yang lainnya berdo’a,(Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan infak)
(HR. Al-Bukhoriy dan Muslim)

(5) Menghapus Kesalahan.

Dari Mu’adz bin Jabal Radiallahuanhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam-bersabda:

Sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api” (Shohih At-Tarmidzi)

(6) Perisai Dari Api Neraka.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam-bersabda:

Hendaknya salah seorang diantara kalian melindungi wajahnya dari neraka, sekalipun dengan sebelah biji korma” [HR. Ahmad. Shohih oleh Al-Albani dalam Shohih At-Targhib(864)]

(7) Termasuk Tujuh Golongan Yang Dinaungi Oleh Allah.

Padang mahsyar merupakan tempat pengadilan Allah kepada makhluk-Nya baik berupa hak-hak Allah atas hamba-hamba-Nya maupun hak kepada sesama makhluk.

Pada hari itu semua makhluk tunduk dan pasrah terhadap putusan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Sebagaimana firman-Nya:

Pada hari, ketika ruh dan para malaikat berdiri bershaf-shaf, mereka tidak berkata-kata kecuali siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang Maha Pemurah, dan ia mengucapkan kata yang benar” (QS. An-Naba:38)

Di lain ayat Allah Subhanallahu wa Ta’ala juga berfirman :

Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan” (QS.Al-Jatsiyah:28)

Pada waktu itu matahari didekatkan sedekat-dekatnya, keringat bercucuran menunggu putusan yang maha dahsyat. pada waktu itu juga para hamba berharap dengan penuh harap adanya perlindungan dan naungan Allah Subhanallahu wa Ta’ala.

Diantara golongan yang mendapat naungan saat itu, yaitu orang yang ikhlas bershadaqah di dalam hatinya.  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam-bersabda:

Tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari kiamat yang mana tidak ada naungan selain naungan Allah… . seseorang yang bershadaqah dengan suatu shadaqah yang ia rahasiakan sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa-apa yang telah dishadaqahkan oleh tangan kanannya” [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (629), Muslim dalam Shohih-nya (1032)]

(8) Memadamkan Amarah Allah Dan
Menghindarkan Diri Dari Kematian Yang Buruk

Shadaqah memiliki dampak terhadap pelakunya dalam memelihara diri dari musibah-musibah dan bencana-bencana, dari Abu Umamah Radiallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Perbuatan-perbuatan baik akan menghindarkan diri dari pintu-pintu keburukan, shadaqah yang tersembunyi itu akan memadamkan amarah Allah, dan menyambung silaturrahim akan menambah umur” (HR.At-Thabrani dalam al-kabir, isnadnya hasan, lihat Shohih al-Jami’ hal 3797.

Ibnu Abi al-Ja’d berkata,

Sesungguhnya shadaqah itu menghindarkan diri dari tujuh puluh pintu keburukan dan memelihara dari kematian yang buruk

Dari Anas bin Malik Radiallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam-bersabda:

Sesungguhnya shadaqah itu dapat memadamkan amarah Allah dan menghindarkan diri dari kematian yang buruk

Hakikat dari kematian buruk yaitu kematian dalam kondisi kemaksiatan, baik tergoda dari syetan saat sekaratul maut, terbunuh saat lari dari medan perang dan lainny semoga Allah melindungi kita darinya

|

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
SEMOGA BERMANFA’AT – ALHAMDULILLAH
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

~~~~~ TULISAN TERKINI ~~~~~

April 19, 2012 - Posted by | Kata Mutiara, Pendidikan, Pria Remaja, Serba-Serbi, Wanita Remaja | , , , , , , , , , , , , ,

2 Komentar »

  1. Pengetahuan yang sangat indah dan bermanfaat….untuk kehidupan muslimin dan muslimat Jazakumullah Khairan Katsira.

    Komentar oleh Damar Iriana | Januari 23, 2014 | Balas

    • Alhamdulillah .. bila bermanfaat …

      Komentar oleh Wira | Januari 23, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: