Islam Itu Indah

Manfaat Habatus Sauda

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

MANFAAT HABATUS SAUDA (BLACK SEED)

.

Habbatus Sauda ialah sejenis tumbuhan yang banyak didapati di kawasan Mediterranean dan di kawasan yang beriklim gurun. Banyak kajian telah dilakukan untuk meneliti Bagaimana pun kebanyakkannya ditulis di dalam Bahasa Arab.

Habbatus Sauda digunakan secara tradisional untuk beberapa keadaan seperti untuk menghasilkan kulit muka yang cerah, membantu merawat batuk dan asma, kencing manis, selsema, keguguran rambut, tekanan darah tinggi, masalah untuk tidur, sakit-sakit otot dan sendi, rasa loya dan muntah, mengurangkan kolesterol, merawat batu karang dan sebagainya.

Nabi Muhammad S.A.W. bersabda dalam Haditsnya yang dikutip dari kitab Ash Shahihain :

Gunakanlah Habbatus Sauda’ kerana di dalamnya terdapat sejenis ubat dari segala jenis macam penyakit kecuali As Sam (maut)” (HR.Bukhari, Muslim)

|

Mahfouz dan El-Dakhakhny, peneliti Mesir terkemuka mengisolasi prinsip aktif nigellone dari minyak esensial biji hitam pada 1959. Ada lebih dari 100 komponen kimia yang berbeda dalam biji.

Nigella dan melatin adalah dua bahan yang terkandung dalam Habbatussauda yang berkontribusi besar terhadap kekuasaannya sangat beragam. Zat-zat ini bekerja sama untuk memberikan manfaat pencernaan yang telah dihormati dalam Habbatussauda.

Mereka juga mempromosikan pembersihan dan membantu dengan keseluruhan menghilangkan tindakan. Dua dari minyak atsiri yang paling ditemukan dalam biji hitam adalah

  • Nigellone dan
  • Thymoquinone yang kepalan ditemukan dalam ramuan pada tahun 1985.

Nigellone menawarkan sifat anti-spasmodik dan bronchodilating yang berkontribusi terhadap potensi Habbatussauda melawan penyakit pernapasan. Hal ini juga bertindak sebagai antihistamin yang membantu untuk mengurangi gejala negatif dari penderita alergi.

Thymoquinone mengandung sifat anti-inflamasi dan analgesik yang sangat baik. Ini juga merupakan anti-oksidan kuat dan membantu membersihkan tubuh dari racun. Kedua nigellone dan thymoquinone bekerja dalam hubungannya dengan satu sama lain untuk meningkatkan tindakan Habbatussauda melawan penyakit pernapasan. Hal ini juga memberikan alternatif yang sehat untuk terapi kortison lebih sering diresepkan berbasis digunakan oleh penderita alergi.

Habbatus Sauda (Black Seed) menyediakan pasokan yang kaya asam lemak tak jenuh ganda. Bahan-bahan memainkan peran kunci dalam kesehatan sehari-hari dan kesehatan.

Mereka membantu mengatur metabolisme, membawa racun ke permukaan kulit untuk eliminasi, tingkat keseimbangan insulin, mengatur kolesterol, meningkatkan sirkulasi tubuh, dan meningkatkan fungsi hati yang sehat.

Kekurangan asam lemak tak jenuh ganda dapat menyebabkan beberapa macam masalah kesehatan termasuk gangguan sistem saraf, pertumbuhan tanpa hambatan, dan penyakit kulit.

|

NUTRISI YANG TERKANDUNG

Habbatus Sauda (Black Seed) mengandung lebih dari 100 nutrisi yang berharga. Hal ini terdiri dari sekitar

  • 21% Protein,
  • Karbohidrat 38%, dan
  • Lemak 35% tanaman dan minyak.

Bahan aktif dari biji hitam nigellone, thymoquinone, dan minyak tetap. Black seed juga mengandung proporsi yang signifikan dari protein, karbohidrat dan asam lemak esensial.

Bahan lainnya termasuk asam linoleat, asam oleat, kalsium, potasium, besi, seng, magnesium, selenium, vitamin A, vitamin B, vitamin B2, niasin, dan vitamin C.

Sebuah studi tahun 1994 yang dilakukan di London oleh King College mengungkapkan bahwa Habbatussauda memiliki sifat yang menghambat enzim tertentu, yang juga menghambat produksi prostaglandin tertentu.

Ini adalah bukti lebih bahwa kombinasi yang kaya dan kompleks dari unsur-unsur yang ditemukan dalam Habbatussauda bekerja sama untuk efek total.

|

MANFAAT YANG DIDAPAT

Habbatus Sauda (Black Seed) memiliki lebih dari 1400 tahun sejarah penggunaan. Banyak buku-buku kuno dan teks menyarankan menggunakan tradisional berikut untuk Habbatussauda. Tapi harap dicatat, bahwa ini tidak harus dipahami sebagai obat atau pengobatan untuk setiap penyakit atau penyakit.

  • Untuk Batuk dan Asma.

Oleskan minyak biji hitam ke dada dan punggung.
Campur satu sendok teh minyak biji hitam dalam air didih dan menghirup uap dua kali sehari.
Ambil setengah sendok teh Minyak Black Seed sehari-hari di pagi hari.

  • Cystic fibrosis

Pijat dada dengan minyak biji hitam, dan minuman campuran satu sendok teh minyak biji hitam dengan sendok teh madu murni, siang pagi dan sore.

  • Diabetes

Campuran secangkir biji hitam keseluruhan, secangkir Benih Cress Air (biji mustard dapat digunakan sebagai alternatif), setengah cangkir kulit delima dan setengah cangkir fumitory. Menggiling campuran menjadi bubuk. Ambil setengah sendok teh campuran bersama-sama dengan satu sendok teh minyak biji hitam setiap hari sebelum sarapan selama satu bulan.

  • Diare

Campur satu sendok teh minyak biji hitam dengan secangkir yoghurt. Minum ramuan dua kali sehari sampai gejala hilang.

  • Batuk Kering

Satu sendok teh minyak biji hitam harus dicampur dalam kopi dan diminum dua kali sehari. Gosok dada dan punggung dengan minyak biji hitam.

  • Penyakit mata & gangguan penglihatan

Menggosok kelopak mata dan sisi mata orbit setengah jam sebelum pergi tidur dengan minyak biji hitam. Sebuah sendok makan minyak juga harus diminum dengan secangkir jus wortel. Hasilnya harus jelas dalam satu bulan, insya Allah.

  • Facial kelumpuhan & tetanus

Menghirup uap minyak biji hitam dan air panas dapat membantu melawan kelumpuhan wajah dan tetanus, dan menghilangkan penyebabnya, insya Allah.

  • Flu & hidung tersumbat

Menempatkan 3-4 tetes minyak hitam di hidung setiap meredakan hidung tersumbat dan tekanan kepala dingin.

  • Batu empedu & batu ginjal

Siapkan formulasi 250g benih tanah hitam & madu murni 250g, aduk dengan seksama sebelum digunakan. Ambil dua sendok makan dari formulasi ini dan aduk dengan setengah cangkir air panas. Terakhir tambahkan satu sendok teh minyak biji hitam. Campuran ini harus diambil setiap pagi sebelum mengkonsumsi makanan.

Ingat !

Satu sendok teh minyak black seed dicampur dalam segelas jus jeruk dengan sarapan membuat Anda aktif sepanjang hari. Satu sendok teh minyak black seed dicampur dalam minuman panas setelah makan malam memberikan Anda tidur tenang sepanjang malam.

|

Penyakit dan Penyembuhannya, insya Allah

  • Asma, bronkial & Pernapasan masalah

Campurkan satu sendok makan minyak black seed dalam kopi. Ambil dua kali sehari. Gosok dada dengan minyak black seed setiap malam dan menghirup uap minyak black seed dalam air panas.

  • Sakit punggung & jenis lain dari rematik

Agak panas sedikit minyak black seed dan kemudian stroke area rematik intens. Satu sendok teh minyak juga harus diminum tiga kali sehari.

  • Pertumbuhan Rambut Jenggot

Pijat daerah jenggot dengan minyak black seed memastikan bahwa minyak menembus ke akar, ini merangsang pertumbuhan janggut dan mencegah prematur beruban rambut.

  • Menyusui (Meningkatkan aliran ASI)

Siapkan campuran 250g biji hitam & madu murni 250g, aduk secara menyeluruh sebelum dosis masing-masing. Ambil dua sendok makan dicampur dengan formulasi ini satu sendok teh minyak biji hitam setiap hari.

  • Common cold gejala dan hidung tersumbat

Pertama menggoreng biji hitam keseluruhan, kemudian halus menggiling mereka menjadi bubuk. Rendam ini dalam minyak black seed dan setiap minyak sayur. Tempatkan 3-4 tetes di hidung masing-masing (NB ini akan menyebabkan bersin berlebihan).

  • Untuk Hipertensi

Ambil setengah sendok teh minyak biji hitam dengan minuman hangat setiap saat. Ambil 2 lobus bawang putih pada perut kosong. Oleskan minyak biji Hitam untuk seluruh tubuh Anda dan terekspos sinar matahari setiap tiga hari, melanjutkan pengobatan selama satu bulan.

  • Untuk Keluhan Jantung & Penyempitan Urat Nadi

Ambil setengah sendok teh minyak biji hitam dicampur dengan minuman hangat setiap hari di pagi hari, ini akan mencairkan lemak dan memperlebar pembuluh darah dan arteri.

  • Radang Hidung dan Tenggorokan

Masukan beberapa tetes minyak ke secangkir air mendidih dan menghirup uap. Ambil setengah sendok teh minyak biji hitam dengan jus lemon setiap hari.

  • Untuk Sakit Kepala dan Nyeri Telinga

Oleskan minyak black seed pada dahi, sisi wajah yang berdekatan dengan telinga dan di belakang telinga. Ambil setengah sendok teh Minyak Black Seed dan terus selama sekitar 3 hari.

  • Untuk Kehilangan Rambut & Beruban Prematur.

Gosok kulit kepala secara menyeluruh dengan lemon, biarkan selama 15 menit, membasuh dengan air dan sampo dan kering dengan baik, kemudian oleskan minyak biji hitam ke seluruh kulit kepala, terus berlanjut selama beberapa minggu.

  • Untuk Infeksi Mata, Nyeri dan penglihatan lemah.

Oleskan minyak biji hitam di sekitar mata dan pada kelopak mata sebelum tidur. Ambil setengah sendok teh minyak biji hitam dicampur dengan jus wortel. Untuk melihat lemah melanjutkan pengobatan.

  • Untuk Nyeri Sakit Punggung dan Rematik

Hangat minyak biji hitam sedikit dan berlaku untuk daerah secara menyeluruh saat Anda memijat tulang, bukan kulit dan minum setengah sendok teh minyak biji hitam selama 15 hari.

  • Untuk Muntah

Ambil setengah sendok teh jus jahe segar yang dicampur dengan jumlah yang sama dari minyak biji hitam, dua kali sehari.

  • Untuk Sakit Gigi

Campur setengah sendok teh minyak biji hitam dengan air hangat dan berkumur mulut dan oleskan minyak pada gigi yang terkena, maka akan mengurangi rasa sakit dengan cepat.

Dengan itu (air) Dia menghasilkan untuk Anda jagung, zaitun, pohon-pohon kurma, dan anggur dan segala macam buah: Sesungguhnya dalam hal ini adalah tanda bagi kaum yang memikirkan” [Quran 16:11]

|

7 Ciri Utama Habbatus Sauda

1. Nilai Nutrisi

Habbatus Sauda kaya dengan:

  • Monosaccharide glukosa, xylosa dsb.
  • Polysaccharide.
  • Fatty acid yang tidak tepu (unsaturated essential fatty acids, EFA). EFA tidak boleh dihasilkan oleh badan kita, oleh itu sumber utamanya ialah dari pemakanan.
  • Amino acid yang membentuk protein.
  • Karotene iaitu sumber vitamin A.
  • Kalsium, zat besi, dsb.

2. Sistem Imunisasi

Kajian yang dilakukan di Arab Saudi mendapati, habbatus Sauda berupaya meningkatkan sistem imunisasi anda (daya melawan penyakit). Oleh itu ia mungkin penting dalam pengawalan kanker, AIDS dan penyakit-penyakit berkaitan yang lain.

3. Anti-Histamine

Histamine ialah bahan yang dikeluarkan oleh sel-sel mast di dalam badan yang menyebabkan kesan-kesan allergik (alahan). Habbatus Sauda mengandungi bahan yang menghalang protein kinase C, sejenis bahan yang mencetus penghasilan histamine. Oleh kerana penghidap penyakit asma selalunya mengalami masalah alahan, habbatus Sauda mungkin baik diambil secara berterusan oleh pesakit-pesakit ini.

4. Anti-Tumor

Kajian in vitro mendapati habbatus Sauda berupaya menghalang pembentukan sel-sel tumor. Oleh itu, ia baik untuk digunakan untuk membantu menghalang penyakit kanser.

5. Anti-Bakteria

Penyelidikan ke atas bahan ini mendapati ia mempunyai aktiviti anti-bakteria . Habbatus Sauda didapati berupaya mengawal bakteria seperti E.coli, V.cholera dan spesies Shigella. Ini bermakna habbatus Sauda baik untuk mereka yang menghidapi beberapa jenis penyakit seperti cirit-birit dan masalah-masalah perut yang lain.

6. Anti-Radang (Anti-Inflammation)

Habbatus Sauda didapati boleh mengurangkan radang (bengkak). Oleh itu ia baik untuk pesakit asma (mengurangkan radang dalam paru-paru), eczema (alahan yang menyebabkan gatal, kulit merah dsb.) dan arthritis (bengkak sendi).

7. Meningkatkan Pengeluaran Air susu ibu.

Kombinasi lemak dan hormon yang didapati di dalam habbatus Sauda menyebabkan pengeluaran susu ibu yang menyusukan bayi bertambah.

|

Sumber :  Dikumpulkan berbagai sumber

Artikel Terkait :

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
SEMOGA BERMANFA’AT  —  ALHAMDULILLAH
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Artikel Lainnya :

Februari 18, 2012 - Posted by | Kesehatan, Makanan Minuman, Pria Remaja, Suami Istri, Wanita Remaja | , , , , , , , , , , , , , , , ,

4 Komentar »

  1. manfaat banget,trims infonya,jazakumullahu khaira

    Komentar oleh ruka2011 | Maret 13, 2012 | Balas

    • Alhamdulillah, trims, sdh berkunjung …

      Komentar oleh Wira | Maret 13, 2012 | Balas

  2. boleh saya share?

    Komentar oleh anam | Maret 22, 2012 | Balas

    • Alhamdulillah …
      Silahkan share agar lebih bermanfaat bagi yang lain
      Salam,

      Komentar oleh Wira | Maret 22, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: