Islam Itu Indah

Teh dan manfa’atnya

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

MENGENAL BERBAGAI MACAM TEH DAN MANFA’ATNYA

.

Minuman yang sudah dikenal dengan luas di Indonesia dan bahkan di dunia. Minuman yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas berwarna coklat ini umum menjadi minuman penjamu tamu.

Aromanya yang harum serta rasanya yang bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh membuat minuman ini banyak dikonsumsi.

Di Indonesia sendiri teh sudah sangat popular bahkan Indonesia menjadi negara ke 5 penghasil teh terbesar di dunia. Sebenarnya teh tidak hanya disenangi karena aromanya yang khas. Lebih dari itu teh mengandung banyak khasiat yang baik bagi tubuh kita.

Penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa teh memiliki zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia. Tak heran jika teh juga disebut dengan minuman kaya manfaat. Beberapa zat yang terkandung dalam teh diantaranya adalah polifenol.

Dengan adanya kandungan polifenol maka teh merupakan salah satu minuman yang baik untuk anti oksidan. Bahkan salah satu khasiat teh / manfaat teh adalah untuk mencegah perkembangan sel kanker. Untuk itu mengkonsumsi teh sangat bagus terlebih lagi tubuh kita sering menghirup polusi dan teh bisa menjadi penawarnya.

|

Ada beberapa nama dan jenis teh yang terkenal di dunia.Perbedaan kelompok dan penamaan teh dilakukan berdasarkan cara pemrosesan teh tersebut sebelum dan setelah dipetik dari pohon, yaitu :

Teh Hitam / Black Tea

Teh ini dalam pengolahannya melalui proses fermentasi penuh. Sering juga dikenal dengan nama teh merah.

Daun teh dibiarkan teroksidasi secara penuh sekitar 2 minggu hingga 1 bulan. Teh hitam merupakan jenis teh yang paling umum di Asia Selatan (India, Sri Langka, Bangladesh) dan sebagian besar negara-negara di Afrika seperti : Kenya, Burundi, Rwanda, Malawi dan Zimbabwe.

.

.

Teh Oolong / Oolong Tea

Merupakan minuman favorit di Cina dan India. Teh oolong adalah teh tradisional China di suatu tempat antara hijau dan hitam dalam oksidasi. Teh oolong yang bertubuh penuh dengan wangi dan aroma fruity.

Teh oolong kaya anti-oksidan dan membantu membakar lemak dibangun dalam tubuh. Tidak heran bahwa di antara jenis yang paling populer teh disajikan di Asia Timur.

.

.

Teh Hijau / Green Tea

Teh ini dalam pengolahannya tidak melalui proses fermentasi. Setelah daun teh dipetik langsung diolah. Teh Hijau memiliki kandungan yang paling baik karena dalam proses pembuatannya, teh jenis ini tidak dikeringkan dengan menggunakan sinar matahari tetapi menggunakan teknik pengeringan secara khusus.

Sedangkan teh jenis lainnya diproses dengan cara fermentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mampu menurunkan risiko terkena kanker. Mulai populer di Asia yaitu Cina dan Jepang.

.

Teh Putih / White Tea

Teh ini dalam pengolahannya tidak melalui proses oksidasi. Saat di pohon, daun teh juga terlindung dari sinar matahari agar tidak menghasilkan klorofil atau zat hijau daun. Karena diproduksi lebih sedikit, harganya lebih mahal.

Teh putih diproduksi dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan teh jenis lain sehingga harga menjadi lebih mahal. Teh putih kurang terkenal di luar Tiongkok, walaupun secara perlahan-lahan teh putih dalam kemasan teh celup juga mulai populer.

.

Teh Melati / Jasmine Tea

Teh melati atau disebut juga teh wangi melati, sangat populer di Indonesia, yaitu Teh yang dicampur dengan bunga melati dan bunga gambir sehingga menimbulkan aroma melati atau wangi yang khas.

Menurut hasil riset bahwa Teh Melati dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan meyegarkan badan.

.

.

|

Teh kaya akan zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan berikut ini beberapa zat utama yang bermanfaat yang terdapat di dalam secangkir teh.

* Polifenol *

Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas ada di tubuh kita karena lingkungan udara yang tercemar polusi dan juga dari makanan yang kita makan.

* Vitamin E *

Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

* Vitamin C *

Vitamin ini berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit.

* Vitamin A *

Vitamin A yang ada pada teh berbentuk betakaroten merupakan vitamin yang diperlukan tubuh dapat tercukupi.

|

Jika para sobat yang hobi minum teh, sebaiknya teruskan saja karena minum teh baik bagi tubuh kita. Ada beberapa manfaat yang terkandung dalam satu cangkir teh yang kita minum:

Antioksidan 
seperti disebutkan di atas,teh dapat melindungi tubuh dari efek polusi dan juga pencegah penuaan dini

Mengandung sedikit kafein
1/8 cangkir kopi mengandung 135 mg kafein, sementara 1 cangkir teh hanya mengandung 30-40 mg kafein sehingga tidak membuat sakit kepala atau susah tidur

Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke
Teh membuat peredaran darah lancar dan bersih. Hasil studi di Belanda memperlihatkan, orang yang minum 2-3 cangkir teh hitam perhari memiliki sedikit resiko serangan jantung daripada yang tidak pernah minum teh.

Memperkuat tulang
Ternyata bukan hanya kalsium susu yang membuat tulang anda kuat, orang yang rutin minum teh memiliki massa tulang lebih padat.

Putihkan Gigi
Anggapan teh bisa membuat gigi nampak kusam rupanya tidak benar, sebab ternyata teh mengandung fluoride untuk mengusir karang gigi. Lebih bagus lagi jika seusai menggosok gigi, anda berkumur dengan teh tanpa gula.

Cegah Infeksi
Kandungan teh bisa memperkuat sistem kekebalan dan menangkal serangan infeksi.

Atasi kanker
Zat antioksidan bernama polyphenols yang ada dalam teh dapat memerangi kanker.

Bebas kalori
Tanpa tambahan pemanis, gula atau susu, teh tetap bebas kalori.

|

Selain diminum agar berguna bagi  tubuh,beberapa manfaat teh yang lain adalah :

Mendinginkan kulit yang terbakar matahari
Tempelkan beberapa kantung teh basah, dan rasa terbakar yang ada akan berkurang. Cara ini juga bisa dipakai untuk merawat luka bakar ringan seperti kena uap panas atau terkena setrika. Jika kulit yang terbakar matahari sudah sangat luas, coba rendam beberapa kantung teh dalam bak mandi, dan berendamlah

Mengurangi sakit luka gores
Goresan luka tadi biasanya sangat perih, cara paling nyaman adalah meletakkan kantung teh basah di tempat yang terluka.

Mengeringkan bisul
Setelah teh direbus, tempelkan kantung teh yang basah di bisul, setelah semalam, bisul yang ada akan mengering tanpa rasa sakit pada saat Anda terbangun esok harinya.

Mengurangi rasa sakit di puting payudara akibat menyusui
Cara mengatasinya celupkan teh ke air panas, kemudian angkat kantungnya dan letakkan ke dalam wadah berisi es batu. Setelah itu letakkan di puting yang sakit dan biarkan selama beberapa menit.

Mengurangi sakit gusi
Gusi berdarah selain perih memang tidak menyenangkan. Coba kompres dengan kantung teh basah yang dibasahi air dingin.

Mengurangi sakit bayi dari suntikan

Coba basahi kantung teh, dan tutupkan di bekas luka suntikan. Tahan perlahan sampai tangis mereda.

Membersihkan perabot kayu dan lantai
Rebus beberapa kantung teh dalam satu liter air dan biarkan dingin. Gunakan kain lembut dan celupkan dalam larutan, lalu peras, gunakan kain lembab tadi untuk membersihkan perabotan. Keringkan dengan lap kering dan lembut.

Membersihkan cermin
Untuk membersihkan cermin, buatlah teh kental, biarkan dingin, dan gunakan untuk membersihkan cermin. Lembabkan kain lembut dengan teh tadi, dan gunakan untuk mengelap permukaan cermin. Kemudian keringkan dengan lap kering yang lembut.

Menghilangkan jerawat
Untuk yang satu ini kita perlu ampas dari teh yang telah kita seduh.Jadi jangan buang ampas teh yang ada dalam poci.Kita diamkan selama 1 malam,kemudian beri sedikit air hangat,kemudian basuhkan air tadi di muka kita.

|

Ada pula yang harus para sobat perhatikan saat  minum teh agar zat yang berguna dalam tubuh tidak hilang, antara lain :

  • Jangan minum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam malanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh
  • Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung
  • Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang
  • Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.
  • Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.

|

Artikel Terkait :

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
SEMOGA BERMANFA’AT  —  ALHAMDULILLAH
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Artikel Lainnya :

Februari 20, 2012 - Posted by | Kesehatan, Makanan Minuman, Pria Remaja, Suami Istri, Wanita Remaja | , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: